Membuat Fungsi Delete Pada Sistem Informasi Java

fungsi delete, java, netbeans, sistem informasi
Jika sebelumnya saya telah memahas artikel tentang bagaimana cara menginputkan data dari form netbeans ke dalam database mysql(BACA DISINI) dan bagaimana cara menampilkan data tersebut pada table form netbeans(BACA DISINI), maka pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel tersebut dengan membuat sebuah fungsi baru, yaitu fungsi "DELETE", dimana fungsi tombol delete nantinya akan menghapus data yg telah kita inputkan ke dalam database, dengan cara memilih data yg akan dihapus dari table, kemudian dengan meng-klik tombol delete yg akan kita buat, maka data yg terpilih tersebut akan terhapus baik pada table maupun pada database mysql nya.

Sebelum itu ada baiknya kalian memahami pembahasan pada artikel sebelumnya, tentang bagaimana menginputkan data pada database mysql, yg bisa kalian baca DISINI, karna tutorial yg akan saya sajikan disini akan menggunakan projects dan database yg sama dengan yg ada pada artikel sebelumnya tersebut.
Berikut ini adalah database yg akan kita gunakan. Baca cara pembuatan databasenya DISINI.
fungsi delete, java, database

Dan berikut adalah file koneksi antara netbeans dan databasenya. Baca cara pembuatan file koneksinya DISINI.

Setelah database dan file koneksi berhasil dibuat, buka frame "DataMahasiswa" yg telah dibuat pada artikel sebelumnya. Berikut tampilan design dan source codenya.
-. Lembar Design
fungsi delete, java, database

-. Lembar Source Code

1. Pada lembar design, tarik sebuah JButton baru untuk dijadikan tombol delete dan beri nama "Delete".
fungsi delete, java, database

2. Kemudian kita akan beralih ke lembar souce code, dan buat sebuah fungsi baru dengan nama delete, "private void delete()". Lebih tepatnya silahkan pastaken kode berikut.


private void delete(){
String NPM = String.valueOf(tabeldata1.getValueAt(tabeldata1.getSelectedRow(),0));
String query = "delete from datamahasiswa where NPM= '"+NPM+"'";
try{
st.executeUpdate(query);
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Data Berhasil Dihapus");
}catch (Exception e){
JOptionPane.showMessageDialog(null,"error pada :"+e.getMessage());
}
}

*Penjelasan Kode
-. Pada baris kode "String NPM = String.valueOf(tabeldata1.getValueAt(tabeldata1.getSelectedRow(),0));", disini kita membuat sebuah variabel baru dengan nama "NPM", yg mana nilai dari variabel ini adalah data yg akan kita pilih dari table, yg mana nantinya data tersebutlah yg akan kita hapus, terutama nilai yg diambil dari baris data tersebut adalah nilai "NPM", kenapa nilai NPM.??Karena pada database mysql nya, NPM menjadi primary key, dari situlah kita menuliskan kode "String.valueOf(tabeldata1.getValueAt(tabeldata1.getSelectedRow(),0))", yg artinya program mengambil nilai dari "tabeldata1" yg mana nilainya mengacu pada baris keberapa yg kita pilih (getSelectedRow) dan kolom ke-0, kanapa kolom ke-0.??.Karena pada kolom ke-0 lah nilai "NPM" berada. Jadi intinya, baris kode ini hanya bertujuan untuk mengambil nilai NPM dari baris data yg kita pilih pada table, karena nilai NPM telah menjadi primary key, maka nilai NPM yg telah didapat akan dikirim ke database yg selanjutnya akan dihapus setiap data yg berkaitan pada NPM tersebut.

-. Pada baris kode "String query = "delete from datamahasiswa where NPM= '"+NPM+"'";". Kode ini sebenarnya adalah variabel yg nilainya berfungsi untuk mengirim perintah untuk menghapus data pada database mysql, dengan membawa primary key, yaitu NPM yg telah didapat dari variabel "Kode"

-. Pada kode "st.executeUpdate(query);". kode ini berfungsi menjalankan perintah yg ada pada variabel query.

3. Beralih ke lembar design, beri action pada tombol tombol "Delete". (klik kanan--> event--> action--> actionperformed).
fungsi delete, java, database

4. Maka kita akan dialihkan ke lembar source code, tepatnya pada action tombol delete panggil fungsi yg kita buat pada langkah ke-2, seperti berikut ini.
fungsi delete, java, database

5. Jika kalian benar mengikuti tutorial ini dari artikel sebelumnya(DISINI), maka pada source code kalian akan ada fungsi "semuadata()", yaitu fungsi yg digunakan untuk menampilkan data pada database mysql ke table netbeans. Dan panggil fungsi ini lagi pada action tombol delete, tepat dibawah fungsi "delete()".
fungsi delete, java, database

Sehingga nantinya, setelah fungsi delete() dijalan kan, maka program akan menjalan fungsi ke-2 yaitu fungsi semuadata(), sehingga data pada table akan diperbarui dan menyesuaikan dengan data yg ada pada database mysql nya.

Setelah semua langkah dijalankan, silahkan compile dan jalankan frame "Datamahasiswa", kemudian pilih data yg akan dihapus pada table, kemudian klik tombol delete. Penting sebelum menjalankan frame, pastikan bahwa mysql pada aplikasi xampp kalian berada pada status "start".
fungsi delete, java, database

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat Fungsi Delete Pada Sistem Informasi Java ini dipublish oleh ENDs pada hari Saturday 21 March 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat Fungsi Delete Pada Sistem Informasi Java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/