Cara Mudah Membuat Database MySQL dengan Xampp

Pembuatan sebuah database melalui xampp merupakan sebuah cara yg cukup simple dan mudah untuk dilakukan, Sebelumnya akan saya ulas sedikit apa fungsi dari sebuah database. Database adalah sebuah basis data yg banyak digunakan oleh pengembang-pengembang aplikasi berbasis dekstop maupun web, sebagai wadah untuk menyimpan berbagai macam data yg di inputkan melalui sebuah aplikasi, sehingga peran dari database sendiri sangatlah penting.

Untuk itu disini saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk membuat sebuah database melalui aplikasi Xampp.
saya asumsikan disini kalian telah meng instal aplikasi Xampp, yg bisa kalian download DISINI.

1. instal dan jalankan aplikasi xampp.
2. Klik start untuk module Mysql dan Apache, jika pada ke-2 module tersebut masih berstatus silang, menandakan bahwa ke-2 modul tersebut belum terinstal silahkan double klik pada tanda silang, dan instal module nya.

3. Selanjutnya klik tombol admin pada module MySQL, sehingga akan terbuka browser dengan alamat http://localhost/phpmyadmin/

4. Selanjutnya silahkan klik pada kolom "Database", dan isikan nama database yg diinginkan, dan pilih "collation" kemudian klik "create".

Sampai disini sebuah database baru telah berhasil kita buat, sekarang kita akan coba untuk membuat sebuah table dari database yg telah kita buat tadi.
1. silahkan buka database yg telah kita buat sebelumnya dengan mengklik nama database nya pada daftar database disebelah kiri halaman localhost.

2. Akan terbuka sebuah halaman baru, dan akan terlihat status "No tables found in database", selanjutnya silahkan isi nama table yg akan kita buat, dan isikan berapa jumlah kolom yg akan ada pada table tersebut, dan klik "Go".

3. Selanjutnya kita akan mengisi nama-nama pada setiap kolom, isikan juga tipe datanya, dan jumlah karakter maksimal pada kolom tersebut. Dan Klik "Save".

4. Buka table yg telah kita buat, dengan mengklik nama table pada kolom database.

5. Selanjutnya kita akan membuat sebuah primary key dari table yg telah kita buat, berikan tanda "check" pada kolom yg akan dijadikan primary key, dan klik pada tombol "primary".

Sampai disini kita telah membuat sebuah database berserta sebuah table lengkap dengan primary key nya, selanjutnya database tersebut bisa kita gunakan untuk melengkapi strutur aplikasi yg ingin kita kembangkan.

*Nb
-. Dari sebuah table, kolom yg menjadi primary key adalah kolom yg bergaris bawah pada halaman "structure"
-. Dari sebuah database bisa dibuat lebih dari 1 table.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mudah Membuat Database MySQL dengan Xampp ini dipublish oleh ENDs pada hari Thursday 15 January 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mudah Membuat Database MySQL dengan Xampp
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/