Penggunaan Fungsi Try Catch pada Java

try catch, java, pemrograman
Try dan Catch merupakan suatu fitur pada java yg dikhusus untuk menangani suatu kesalahan atau error pada suatu listing program. Struktur dari fungsi try catch adalah sebagai berikut.

try{
    listing program (blok try)
}
catch(Throwable t){
    error handler (blok catch)
}

Logikanya seperti ini, jika kita menulis sebuah program, dan di dalam program tersebut terjadi suatu kesalahan atau pun error maka program akan terhenti dan tidak menjalankan listing program selanjutnya. Tetapi jika kita menggunakan fungsi try catch, listing program yg kita tuliskan didalam blok try akan dijalankan oleh program, dan jika dalam program tersebut terdapat suatu kesalahan, maka kesalahan/error tersebut akan di tangani oleh blok catch, dan selanjutnya listing program yg ada selanjutnya akan tetap dijalankan.
Untuk lebih jelasnya silahkan jalankan ke-2 program dibawah ini.

Program 1
import javax.swing.JOptionPane;

/**
*
* @author yudhaN
*/
public class tray {
public static void main (String[] args){
System.out.println(10/0);
JOptionPane.showMessageDialog(null,"program selanjutnya");
}
}

Program 2
import javax.swing.JOptionPane;

/**
*
* @author yudhaN
*/
public class tray {
public static void main (String[] args){
try{
System.out.println(10/0);
}
catch(Throwable t){
JOptionPane.showMessageDialog(null,"error pada : "+t.getMessage());
}
JOptionPane.showMessageDialog(null,"program selanjutnya");
}
}

Dari ke dua program diatas, terdapat 2 inti output, yaitu output hasil dari 10/0, dan output "program selanjutnya", pada program pertama untuk output pertama akan mengeluarkan hasil dari 10/0, karna tidak bisanya suatu angka dibagi dengan 0, maka terjadi error, dan output "program selanjutnya" tidak dijalankan. Berbeda dengan program ke-2 yg menggunakan fungsi try catch, listing program pertama memang terjadi kesalahan, yg mana angka 10 tidak bisa dibagi oleh bilangan 0, dan akan muncul pesan error, tetapi setelah itu program akan tetap menjalankan output "program selanjutnya", berbeda dengan program ke-1 yg mana listing output selanjutnya tidak dijalankan.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Penggunaan Fungsi Try Catch pada Java ini dipublish oleh ENDs pada hari Thursday 22 January 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Penggunaan Fungsi Try Catch pada Java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/