Cara Mudah Membuat Menu Login Dari Netbeans

login java, netbeans, login menu, frame login
Menu Login adalah menu sederhana yg perlu kita terapkan kedalam sebuah aplikasi yg akan kita bangun, jika aplikasi tersebut bersifat pribadi atau hanya orang-orang tertentu yg dapat mengaksesnya. Menu login juga dibangun dengan sebuah frame sederhana, yg mana dasar dari system menu login sendiri bisa kita buat dengan fungsi pengkondisionalan if- else.

Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan langkah-langkahnya pada tutorial berikut ini.

1. Buat sebuah frame baru pada projects kalian, klik kanan pada projects-->pilih new-->pilih JFrame Form, kemudian isi dengan nama "MenuLogin".
2. Setelah frame terbentuk tarik beberapa komponen dari menu palette, 2 Label, 1 Textfield, 1 Passwordfield, 1 Button, dan susun komponennya menjadi seperti berikut ini.
login java, netbeans, login menu, frame login

3. Pada field untuk username silahkan ubah variabelnya dengan nama "UserN", pada passwordfield, silahkan ubah variabelnya dengan nama "PassW", dan untuk tombol loginnya silahkan ubah dengan nama "Login". Untuk merubah nama variabel kalian cukup klik kanan pada komponen yg ingin diubah, kemudian pilih "Change Variabel Name".
login java, netbeans, login menu, frame login

4. Pada tombol login, silahkan klik kanan-->pilih event-->Action-->ActionPerformed.
login java, netbeans, login menu, frame login

5. Sehingga lembar kerja akan berpindah ke lembar Source Code.
6. Tepat dibawah code "// TODO add your handling code here:", Pastekan code berikut ini.

 if (UserN.getText().equals("informatika")){
            if (PassW.getText().equals("G1A014")){
               JOptionPane.showMessageDialog(null,"Selamat Anda telah Berhasil Membuat Menu Login");
            }
            else
               JOptionPane.showMessageDialog(null,"Password Salah");
               }
        else
               JOptionPane.showMessageDialog(null,"Username Salah");

*Nb
-. Pada baris kode (UserN.getText().equals("informatika")), kata "informatika" adalah usernamenya, bisa kalian ubah dengan kata-kata lainnya.
-. Pada baris kode (PassW.getText().equals("G1A014")), kata "G1A014" adalah passwordnya, bisa kalian ubah dengan kata-kata lainnya.

7. Sekarang silahkan tekan shift+f6 untuk menjalankan program, masukan username dan password kalian, dan kemudian klik "Login", jika berhasil maka akan muncul pesan "Selamat Anda Telah Berhasil Membuat Menu Login".

Algoritma
Dari beberapa baris kode untuk membuat sebuah menu login diatas, disini saya akan menjelaskan alur dari program tersebut.
Pertama dari baris kode if (UserN.getText().equals("informatika")), mengartikan bahwa jika teks yg diambil dari variabel UserN sama dengan kata yg ada didalam equals yaitu "informatika, maka akan masuk ke fungsi if yg ke-2 yaitu (PassW.getText().equals("G1A014")), yang mengartikan bahwa jika teks yg diambil dari variabel PassW sama dengan kata yg ada didalam equals yaitu "G1A014", maka program akan masuk ke menu inti, yg mana disini menu intinya adalah memeunculkan pesan
JOptionPane "Selamat Anda Telah Berhasil Membuat Menu Login", Tetapi disini jika dari pengkodisionalan pertama yaitu pada baris username dan kata yg dimasukan tidak sesuai dengan kata yg ada didalam equals, maka program akan beralih ke baris else, yg akan memunculkan pesan "username salah", begitu juga pada baris password, jika username benar dan password salah, maka program akan masuk ke fungsi else yg akan memunculkan pesan "Password Salah.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mudah Membuat Menu Login Dari Netbeans ini dipublish oleh ENDs pada hari Thursday 15 January 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mudah Membuat Menu Login Dari Netbeans
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/