Mengenal Fungsi Resulset dan Statement Pada java

Bagi kalian yg biasa membuat sebuah program java yg berbasis database pasti kalian tidak asing lagi dengan kode Resultset dan Statement. Memang ke-2 fungsi ini sangat penting dalam pemrograman berbasis database, untuk lebih jelasnya, berikut akan saya perjelas satu per satu tentang fungsi Resulset dan Statement.

Resulset (import java.sql.ResultSet)
Fungsi resulset disini akan digunakan saat kita menggunakan statement select ke database, lebih jelasnya resultset adalah pengontrol letak kursor terhadap suatu baris didalam database, sehingga apa yg kita pilih / select dari java, akan sesuai dengan data baris yg ada pada database. Fungsi resultset ini biasa digunakan saat kita ingin menampilkan/memilih data dari database ke java.

Statement (import java.sql.Statement;)
Dalam penggunaan sebuah database untuk membuat sebuah aplikasi java, tentu kita akan banyak bertemu dengan kode "insert into namatable values", "select * from barang", dan masih banyak lagi, sebenarnya kode tersebut adalah bahasa SQL, mengapa bahasa SQL tersebut bisa adalah didalam kodingan bahasa  java.?, disini lah peran statement akan berfungsi, dimana statementlah yg membaca bahwa kode tersebut adalah bahasa SQL dan mengantarkan bahasa tersebut ke dalam database, sehingga perintah SQL yg telah kita ketikan akan terbaca dan dioperasikan oleh database sehingga peritah eksekusinya akan muncul pada java. Untuk itu kita akan memerlukan fungsi ini setiap kali melakukan pemrograman pengolahan data yg berhubungan dengan database.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengenal Fungsi Resulset dan Statement Pada java ini dipublish oleh ENDs pada hari Sunday 18 January 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengenal Fungsi Resulset dan Statement Pada java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/