Cara Mudah Membuat Frame Netbeans Berada Ditengah Saat Di Run

posisi frame netbeans tengah
Dalam proses pembuatan sebuah program dengan bahasa java melalui netbeans yg berbasis frame, tentu selain mengoptimalkan fungsi-fungsi dan menghindari segala macam jenis error, kita juga harus memperhatikan tampilan dari program yg kita ciptakan tersebut, mulai dari pengaturan dan tata letak setiap komponen, pemilihan warna background, ikon, teks, dll.

Defaultnya setiap frame yg kita ciptakan saat di run, frame tersebut akan berada dipojok kiri atas windows, memang tidak ada salahnya dengan hal tersebut, tetapi dari pemikiran saya sendiri tentu akan terasa lebih menarik jika posisi frame tersebut berada di tengah layar saat di run.
Untuk itu kode dan fungsi apa yg harus kita gunakan.??, sebenarnya hanya sedikit baris kode yg perlu kita gunakan untuk membuat frame netbeans berada ditengah saat di run, yaitu kodenya hanyalah sebagai berikut.

this.setLocationRelativeTo(null);

letakan kode tersebut tepat dibawah baris kode "initComponents();"
posisi frame netbeans tengah

Dan silahkan jalankan program untuk melihat hasilnya.
posisi frame netbeans tengah

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mudah Membuat Frame Netbeans Berada Ditengah Saat Di Run ini dipublish oleh ENDs pada hari Friday 20 February 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mudah Membuat Frame Netbeans Berada Ditengah Saat Di Run
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/