Membuat Fungsi Confirm Exit Pada Program Java

Dalam membuat sebuah program, biasanya kita akan membuat sebuah tombol yg berfungsi untuk keluar dari program tersebut, atau biasa yg disebut dengan tombol exit, dalam pemrograman bahasa java, kita bisa dengan mudah membuat fungsi exit, dengan menggunakan kode System.exit(0), dengan hanya mengeksekusi sedikit kode tersebut, program akan langsung berhenti dan keluar.

Pada postingan kali ini saya akan membahas / sedikit memodofikasi fungsi exit, yaitu dengan menambahkan fungsi konfirmasi, sehingga saat fungsi exit dijalan, program tidak langsung berhenti, melainkan akan menampilkan pesan kepada user yang isinya semacam "Apakah Anda Yakin Ingin Keluar Dari Program Ini", dan akan ada pilihan "Ya" dan "Tidak, jika user memilih "Ya", maka barulah program akan mengeksekusi fungsi exit yg sebenarnya (System.exit(0)).
Dan berikut adalah tutorial bagaimana cara membuat fungsi konfirmasi exit.

1. Jalankan aplikasi netbeans, buat sebuah project baru, diikuti dengan membuat sebuah frame (klik kanan pada projects-->pilih new-->pilih JFrame Form) kemudian isi dengan nama "MenuExit".
fungsi delete pada java netbeans

2. Setelah frame terbentuk, tarik 1 buah JButton dari menu pallate dan beri nama "exit" (klik kanan pada JButton-->kemudian pilih "exit text"), kemudian susun seperti gambar berikut.
fungsi delete pada java netbeans

3. Pada JButton yg telah kita beri nama "Exit" seperti gmbar diatas, silahkan beri action (klik kanan-->pilih event-->Action-->ActionPerformed).
fungsi delete pada java netbeans

4. Dari sini kita akan beralih ke lembar source code, tepat pada method action jbutton, silahkan ketikan kode berikut.
 String ObjButtons[] = {"Yes","No"};
int pilihan = JOptionPane.showOptionDialog(null,"Apakah Anda Yakin Ingin keluar ?","Message",JOptionPane.DEFAULT_OPTION,JOptionPane.QUESTION_MESSAGE,null,ObjButtons,ObjButtons[1]);
if(pilihan == 0){
System.exit(0);
}
fungsi delete pada java netbeans

5. Sekarang silahkan tekan "shift + f11" untuk proses cleand and build project, selanjut nya silahkan jalankan program dengan menekan tombol "shift + f6". Maka ketika kita akan menekan tombol exit, program akan menampilkan pesan, tepatnya seperti gambar berikut.
fungsi delete pada java netbeans

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat Fungsi Confirm Exit Pada Program Java ini dipublish oleh ENDs pada hari Friday 20 February 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat Fungsi Confirm Exit Pada Program Java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/