Trik Mengambil Screenshot Dari Video Dengan VLC Media Player

vlc media player
Bagi kalian penikmat video, baik itu movie, video klip, anime, ataupun jenis video lainnya, mungkin tidak sedikit dari kita yg sering mengabadikan momen-momen tertentu dari sebuah video tersebut, seperti ketika tokoh dari sebuah video tersebut dalam pose tertentu yg mungkin kita senang ataupun tertawa ketika melihatnya.

Dan salah satu cara untuk mengabadikan momen tersebut adalah dengan mengambil screenshot nya. Pada postingan sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang cara mengambil screenshot atau memotret tampilan komputer, dan silahkan baca artikelnya DISINI. Cara tersebut bisa saja kita gunakan untuk mengambil screenshoot dari sebuah video, tapi menurut saya cara tersebut cukup rumit dan mengganggu suasana saat menyaksikan video tersebut.

Nah diartikel inilah saya akan memberikan trik yg lebih simple, yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi video player, yaitu VLC Media Player, karena menurut saya tidak banyak yg mengetahui bahwa aplikasi VLC Media Player ini memiliki sebuah fitur yg berfungsi untuk mengambil screenshot pada video yg sedang dimainkan, dan untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca dan ikuti tutorial berikut ini.

Pertama kita harus menetukan terlebih dahulu di folder mana hasil screenshoot nanti akan disimpan, caranya adalah
1. Buka aplikasi VLC Media Player, pada menu "Tools" pilih "Preferences".
screenshoot

2. Akan muncul sebuah jendela baru, klik pada menu "Video", Kemudian pada bagian "Directori", browse untuk menetukan di folder mana hasil screenshoot nanti akan tersimpan.
screenshoot

3. Terakhir klik "simpan"

Dan selanjutnya untuk memotret atau mengambil screenshoot dari video yg kita mainkan, silahkan ikuti petunjuk berikut ini.
1. Pilih video yg akan kita ambil screenshoot nya, kemudian putar video tersebut menggunakan VLC Media Player.
2. ketika kita telah menemukan momen dari video tersebut yg kita ingin ambil screenshoot nya, silahkan "Pause" terlebih dahulu video tersebut.
3. Kemudian klik pada menu "Video" dan pilih "Take Snapshoot".
screenshoot

4. Dan terakhir hasil screenshoot tadi bisa kalian akses di folder yg telah kalian tentukan sebelumnya.

Sebenarnya ada cara lebih ringkas dalam mengambil screenshoot menggunakan aplikasi VLC Media Player ini, yaitu dengan menggunakan hotkeys "Shift + S", untuk melihat daftar hotkeys lebih lengkap nya, silahkan ikuti petunjuk berikut ini.
1. Klik menu "Tools", kemudian pilih "Preferences".
screenshoot

2. Setelah muncul jendela baru, klik pada menu "Hotkeys", untuk melihat daftar hotkeys apa saja yg bisa kita gunakan.
screenshoot

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Trik Mengambil Screenshot Dari Video Dengan VLC Media Player ini dipublish oleh ENDs pada hari Friday 22 August 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Trik Mengambil Screenshot Dari Video Dengan VLC Media Player
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/