Cara Mudah Membulatkan Angka Desimal Dalam Java

java, pemrograman, koding, decimalformat
Dalam pemrograman bahasa java, banyak sekali operasi bilangan yg bisa kita gunakan, seperti tambah, kurang, bagi, kali, dll. Dalam penggunaan operasi bilangan tersebut tak jarang hasil yg di peroleh adalah bilang desimal dengan angka dibelakang koma yg cukup banyak, seperti contoh operasi 20 / 3 maka akan mendapatkan hasil = 6.6666666666667, jika diperhatikan dari hasil tersebut, angka yg ada dibelakang koma terlihat sangat banyak, untuk itu kita perlu suatu metode untuk membuat hasilnya menjadi lebih ramping, dengan 2 atau 3 angka saja di belakang koma.

Dalam java kita bisa melalukan pembulatkan angka tersebut dengan metode DecimalFormat, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan listing program berikut ini.

import java.text.DecimalFormat; //harus di importkan

public class pembulatanblog
{
public static void main(String[] args){
DecimalFormat df = new DecimalFormat("#.##"); //banyak tanda pagar di belakang titik, mewakili banyak angka di belakang koma
DecimalFormat bf = new DecimalFormat("#.###");
DecimalFormat af = new DecimalFormat("#.####");
DecimalFormat cf = new DecimalFormat("#.#####");
double y=(double)20/3;

System.out.println("Sebelum dibulatkan, 20/3 = "+y);
System.out.println("Setelah dibulatkan 2 angka, 20/3 = "+df.format(y)); //y adalah variabel yg akan di bulatkan
System.out.println("Setelah dibulatkan 3 angka, 20/3 = "+bf.format(y));
System.out.println("Setelah dibulatkan 4 angka, 20/3 = "+af.format(y));
System.out.println("Setelah dibulatkan 5 angka, 20/3 = "+cf.format(y));
}
}

Dari listing program diatas, bisa dilihat bahwa ada beberapa output yg saya tampilkan, yg pertama adalah angka yg belum di bulatkan, kemudian dibulatkan 2 angka, 3 angka, hingga 5 angka, cara pembulatan tersebut bisa kita atur dengan merubah format tanda pagar (#.##) pada DecimalFormat, 2 pagar dibelakang titik, berarti membulatkan 2 angka di belakang koma.

Dalam java sendiri, sebenarnya ada banyak metode untuk membulatkan angka desimal yg bisa kita gunakan, yg mungkin metode lainnya akan saya bahas pada artikel selanjutya.

Penting : Untuk menggunakan Cara diatas jangan lupa untuk meng-import kan package java.text.DecimalFormat; sebelum melakukan pembulatan.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Mudah Membulatkan Angka Desimal Dalam Java ini dipublish oleh ENDs pada hari Wednesday 6 May 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Mudah Membulatkan Angka Desimal Dalam Java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/