Memahami Pengertian dan Tipe Array Dalam Java

 java, pemrograman, array, larik
Oke sobat sekalian...pada postingan kali ini saya akan membahas tentang memahami Array dalam bahasa Java. Array merupakan salah satu metode terpenting yg perlu kita kuasai dalam pembelajaran bahasa java, untuk itu saya menyaran bagi sobat sekalian yg sedang atau baru ingin mempelajari tentang array dalam bahasa java, sebaiknya pelajari dan pahami lebih detail tentang materi array ini.

Array, jika dilihat dari definisinya, memiliki arti yaitu "kumpulan dari nilai-nilai data yg bertipe sama, dalam urutan tertentu, yg menggunakan sebuah nama yg sama". Jika kalian masih bingung dalam pengartiannya, kita ibaratkan sebuah array dengan nama "buah_buahan", didalam array "buah_buahan" tersebut, kita isikan nilai dari buah-buahan, seperti, buah mangga, buah rambutan, buah jambu dan lain-lain. buah jambu, buah mangga, dan buah rambutan, memiliki nama yg berbeda, tetapi masih berada dalam tipe yg sama yaitu buah-buahan, dan "buah_buahan" tersebut lah yg disebut array, sedangkan buah mangga, jambu, dan rambutan adalah nilai dari array "buah_buahan" tersebut.
Pendeklarasian umum sebuah array dalam java, biasanya berbentuk seperti berikut :

tipe-data nama-array [ukuran array];
atau
tipe-data [ukuran array] nama-array;

itu adalah pendeklarasian array kosong, untuk contoh realnya, kita bisa buat seperti berikut :

String buah_buahan[3] = {"Buah Mangga","Buah Rambutan","Buah Jambu"};atau
String[3] buah_buahan = {"Buah Mangga","Buah Rambutan","Buah Jambu"};

ket :
-. String adalah tipe data array.
-. buah_buahan adalah nama array.
-. 3 adalah ukuran atau banyaknya nilai yg ada didalam array.
-. {"Buah Mangga","Buah Rambutan","Buah Jambu"} adalah nilai yg ada didalam array buah_buahan.

Nilai atau elemen yg ada dalam sebuah array bisa diakses melalui nomor indeks nya, perlu diketahui indeks dalam array dimulai dari angka nol, sehingga jika sebuah array memiliki 3 nilai, maka indeks nya adalah array[0], array[1], dan array[2].

java, pemrograman, array, larik

Seperti contoh array buah_buahan diatas, untuk memanggil nilai yg ada didalam nya, kita harus menggunakan nomor indeks, seperti berikut.

-. untuk memanggil nilai "Buah Mangga", pemanggilannya adalah buah_buahan[0], artinya memanggil nilai dari array buah_buahan dengan indeks ke-nol, yaitu buah mangga.
-. untuk memanggil nilai "Buah Rambutan", pemanggilannya adalah buah_buahan[1], artinya memanggil nilai dari array buah_buahan dengan indeks ke-1, yaitu buah rambutan.
-. untuk memanggil nilai "Buah Jambu", pemanggilannya adalah buah_buahan[2], artinya memanggil nilai dari array buah_buahan dengan indeks ke-2, yaitu buah jambu.

Mungkin hanya inilah yg bisa saya jelaskan tentang pengertian array, untuk penjelasan tentang tipe-tipe array mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memahami Pengertian dan Tipe Array Dalam Java ini dipublish oleh ENDs pada hari Saturday 18 April 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Memahami Pengertian dan Tipe Array Dalam Java
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/