Pengertian dan Penyebab Terjadinya Bad Sector Pada Hardisk

Hai sobat sekalian... Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang masalah bad sector pada hardisk. Bad sector merupakan masalah yg sudah tidak asing lagi bagi seseorang yg sering bergelut dalam dunia IT, tetapi untuk orang umum, bad sector sepertinya merupakan permasalahan yg cukup asing untuk diketahui, maka dari itu disini saya akan sedikit membahas tentang dan apa penyebab terjadinya bad sector.

bad sector, cek bad sector, hdd tuneBad sector adalah masalah umum yg terjadi didalam sebuah hardisk, perangkat keras yg digunakan sebagai tempat penyimpanan data ini memang tersusun dari jutaan sector yg berfungsi untuk mengalokasikan setiap data tersebut. Ancaman terjadinya bad sector pada setiap hardisk memang sangat besar, karna sebagus apapun teknologi dalam sebuah hardisk masalah bad sector memiliki kemungkinan kecil untuk bisa dihindari. Badsector sendiri merupakan permasalahan yg bisa muncul dari berbagai aspek, bisa berasal dari proses produksi yg kurang baik atau kurangnya perawatan dari hardisk itu sendiri. Tetapi untuk penyebab yg berasal dari proses produksi berkemungkinan sangat kecil karna umumnya hard disk modern saat ini telah menggunakan metode ECC (Error Checking Correction) untuk membantu pendeteksian error. Namun ada beberapa masalah fisik yang tidak mungkin diperbaiki dengan metode ECC. Metode ECC sendiri berfungsi untuk mencegah penggunaan bagian hard disk yang mengandung error tersebut.

bad sector, cek bad sector, hdd tune
Gambar. Hasil Scan Hardisk dengan HDD Tune

Hardisk yg mengalami bad sector, tentu akan mengalami kerusakan juga pada file yg menempati sector tersebut, bahkan bisa mengakibatkan file tersebut hilang dan hardisk yg tidak bisa digunakan lagi.
Secara spesifik bad sector memiliki 2 jenis.

Jenis-Jenis Bad Sector
1. Bad sector yang disebabkan oleh karena kerusakan fisik. Bad sector ini dikenal dengan istilah Physical bad sector. Physical bad sector disebabkan oleh banyak hal. Beberapa faktor penyebab bad sector jenis ini di antaranya adalah:
     1. Power supply yang tidak memadai dapat merusak controller hard disk dan motor hard disk.
     2. Bila hard disk terjatuh maka hal itu dapat merusak mekanik di dalamnya ataupun
         mengakibatkan terjadinya bad sector.
     3. Hard disk terlalu sering dibawa tanpa pengaman. Dalam ha ini platter hard disk dapat rusak
         karena goncangan.
     4. Suhu di dalam hard disk, akibat ventilasi yang kurang dapat membuat hard disk menjadi rusak
         karena berada di dalam lingkungan yang tidak stabil.
     5. Hard disk sudah mencapai usia kerja maksimum sehingga komponen-komponen di dalamnya
         sudah haus.

2. Bad sector yang disebabkan oleh kesalahan software. Bad sector ini dikenal dengan istilah Logical bad sector. Logical bad sector dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab logical bad sector di antaranya adalah:
     1. Setting timing (PIO Mode) pada hard disk terlalu tinggi.
     2. Penggunaan Kabel IDE/ATA yang terlalu panjang, panjang maksimum yang dianjurkan  
         adalah  18”,  namun ada beberapa merk hard disk yang membutuhkan kabel lebih pendek.
     3. Jika ditemui bad sector pada hard disk, hal itu mungkin disebabkan oleh adanya setting pada
         bios yang tidak sesuai.
     4. Beberapa hard disk memiliki masalah pada firmwire. Proses upgrade dapat memperbaiki
         masalah ini.
     5. Kerusakan pada sistem file atau partisi.

Maka dari itu setelah kalian memahami tentang dan apa saja penyebab terjadinya bad sector,  diharapkan kalian bisa lebih memperhatikan dan menjaga kondisi hardisk kalian, agar data yg tersimpan didalam hardisk tersebut bisa aman dan tidak mengalami kerusakan data.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian dan Penyebab Terjadinya Bad Sector Pada Hardisk ini dipublish oleh ENDs pada hari Monday 13 April 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian dan Penyebab Terjadinya Bad Sector Pada Hardisk
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/