Menjalankan Aplikasi Java di Luar Netbeans

Dalam membuat sebuah aplikasi berbasis java, untuk mendapatkan UI yg lebih interaktif kita bisa menggunakan aplikasi Netbeans untuk menciptakan aplikasi tersebut, netbeans sendiri memiliki banyak fitur yg dapat memudahkan kita dalam menyelesaikan projects yg kita kerjakan, selain itu kita juga bisa lebih mengetahui semua fitur yg ada dalam bahasa java.

Tetapi, dalam permasalahannya sering kali muncul pertanyaan, bagaimana jika projects tersebut telah selesai kita kerjakan, dan ingin kita gunakan di luar netbeans??, jika dari netbeans, kita bisa saja dengan mudah menjalankannya dengan mneggunakan tombol "RUN", tetapi akan terlalu repot dan rumit jika harus membuka aplikasi netbeans terlebih dahulu jika hanya untuk menjalankan aplikasi yg telah kita ciptakan. Untuk itu ada cara yg bisa kita gunakan untuk menjalankan aplikasi tanpa harus melalui netbeans, atau dengan kata lain kita bisa menjalankan aplikasi nya, pada komputer lain yg bahkan tidak terinstal aplikasi netbeans. Untuk lebih jelas nya silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Dalam setiap kali membuat sebuah projects baru, kita akan mendapat sebuah folder baru pada folder "netbeans projects", dan didalam folder tersebutlah semua properti projects kita ada. Nah untuk membuat projects atau aplikasi tersebut bisa di jalankan di luar netbeans, kita cukup compress folder "dist" yg ada dalam folder projects dalam sebuah file winrar.

2. Kemudian setelah folder "dist" menjadi file winrar, file "dist.rar", tersebut lah yg bisa kita copikan ke komputer lain, untuk menjalankan aplikasi nya, cukup ekstrak saja "dist.rar".

3. kemudian buka folder "dist", dan jalankan file java nya(*.jar).

Dalam hal ini, kita telah bisa menjalankan aplikasi yg kita ciptakan tanpa melalui netbeans, tetapi untuk menjalankan aplikasi nya, tentu dalam komputer tersebut harus telah terinstal bahasa JAVA, atau JDK nya, jika tidak, maka file jar yg ada didalam folder dist tidak akan bisa dibuka.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menjalankan Aplikasi Java di Luar Netbeans ini dipublish oleh ENDs pada hari Friday 10 April 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Menjalankan Aplikasi Java di Luar Netbeans
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/