Cara Membuat Flowchart Dengan Microsoft Visio

Sebenarnya banyak sekali cara yg bisa kita lakukan untuk membuat sebuah flowchart, tetapi sebelumnya akan saya jelaskan sedikit apa itu flowchart, flowchart adalah sebuah alur penjelasan dari sebuah sistem/program, dalam bentuk gambar, dengan tujuan flowchart tersebut dapat memudahkan seseorang dalam mengertikan alur dari sebuah program tersebut. Berikut contoh sebuah flowchart untuk menghitung luas persegi.
flowchart

Flowchart diatas saya buat menggunakan aplikasi Microsoft Visio, sebenarnya menggunakan aplikasi microsoft word dan aplikasi lainnya juga bisa, tetapi menurut saya aplikasi visio lebih mudah dan simple jika ingin membuat sebuah flowchart, selain input diagram nya yg mudah, out[ut file nya juga bisa kita simpan dalam berbagai format, termasuk *JPG, dll.
Dan berikut akan saya jelasakan cara membuatnya.

1. Buka aplikasi visio, kemudian pada bagian kiri pilih "Flowchart"-->"Basic Flowchart", kemudian pilih "Create".
flowchart

2. Maka akan terbuka sebuah halaman kerja visio, pada sebelah kiri bisa kita lihat terdapat pola-pola gambar yg bisa kita gunakan untuk membuat flowchart, silahkan tarik salah satu pola ke halaman kertas visio.
flowchart

3. Silahkan atur ukuran pola dengan menarik titik ukur di sudut-sudut pola, kemudian double klik pola tersebut untuk memberikan teks.
flowchart

4. Untuk memberi warna pada pola, silahkan klik kanan pada pola tersebut, kemudian pilih "Fill".
flowchart

5. Akan muncul sebuah jendela baru, Fill adalah warna pola, dan shadow adalah warna bayangan, dan silahkan kalian atur warna nya sesuai yg kalian inginkan, jika telah selesai silahkan klik "apply", dan "ok".
flowchart

6. Untuk membuat pola baru, silahkan ulangi langkah ke 2, kemudian beri penghubung alur yg berupa tanda panah, dengan cara mengarahkan kursor kearah sekitar pola, hingga muncul tanda panah seperti gambar berikut,
flowchart

7. Selanjutnya silahkan ulangi langkah-langkah diatas untum menyelesaikan flowchart yg kalian rencanakan.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Membuat Flowchart Dengan Microsoft Visio ini dipublish oleh ENDs pada hari Monday 6 October 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Membuat Flowchart Dengan Microsoft Visio
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/