Mengenal Lebih Detail Tentang RAM (Random Access Memory)


RAM (Random Access Memory), adalah salah satu komponen utama yg ada di dalam CPU, fungsi RAM sendiri yaitu sebagai memory, tempat penyimpanan sementara atau lebih tepatnya adalah tempat pemrosesan data saat terjadinya sebuah instruksi atau perintah yg diterima oleh processor, yg akhirnya perintah tersebut akan ditampilkan di layar dekstop.

Ukuran RAM juga bermacam-macam umumnya dihitung dengan hitungan mega byte dan giga byte 256mb, 512mb, 1gb, 2gb, 4gb, dan seterusnya. Dalam perkembanganya juga RAM
telah memiliki beberapa generasi, dan berikut adalah generasi RAM sampai saat ini.

-.SDRAM Memiliki pin sejumlah 168 serta terdapat 2 celah yang terletak dibagian kakiyang biasa digunakan untuk komputer pentium 1 sampai pentium 4. RAM yang satu ini sudah sulit ditemui karena telah diganti dengan jenis RAM yang baru.
-. Rambus RAM, RAM jenis ini biasa digunakan pada komputer pentium 4 yang telah mempunyai fasilitas 2 chanel.
-.Sybclink DRAM, RAM ini memiliki bandwidth maksimal hingga 1600 MB/sec serta memilikikecepatan 200 MHz.
-. RAM DDR dan DDR 2, RAM ini memiliki pin sejumlah 183 serta hanya ada 1 celah dibagian kakinya.Untuk kecepatan transfernya sendiri 2 kali lebih cepat dari SDRAM.
-. RAM DDR 3, Generasi RAM terbaru setelah keluarnya DDR 2 ini mempunyai kecepatan lebih apabila dibandingkan dengan jenis DDR yang sebelumnya.

Pemilihan RAM pada komputer juga sangat bergantung pada komponen lainnya, terutama oleh processor. Kedua komponen ini selalu melakukan pekerjaan secara berdampingan, oleh sebab itu peforma dan kemampuan dari kedua komponen ini harus lah seimbang, jika tidak, maka akan terjadilah bottle neck (bootneck). Silahkan baca artikel tentang BOTTLE NECK disini.
Struktur dari RAM juga terbagi dalam 4 bagian:

-. Input Storage, memiliki fungsi untuk menampung masukan yang dimasukkan melalui suatu alat input.
-. Program Storage, memiliki fungsi untuk media penyimpanan suatu instruksi program yang akan diakses.
-. Working Storage, memiliki fungsi untuk menyimpan suatu data yang hendak diolah maupun yang sudah diolah.
-. Output Storage, memiliki fungsi untuk menampung hasil akhir suatu data yanghendak ditampilkan ke alat output

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Mengenal Lebih Detail Tentang RAM (Random Access Memory) ini dipublish oleh ENDs pada hari Wednesday 8 October 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Mengenal Lebih Detail Tentang RAM (Random Access Memory)
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/