Pengertian IF ELSE Pada Bahasa JAVA

IF -Else adalah perintah yg berguna untuk memilih satu dari 2 atau lebih alternatif jawaban yg tersedia. Fungsi IF -Else akan mengeksekusi statemen if jika kondisi bernilai true, dan sebaliknya else akan mengeksekusi statemen else jika bernilai false. Jadi, IF -Else adalah sebuah perintah dimana dalam mencari sebuah kondisi terdapat pengecualian jika kondisi yg didapat tidak sesuai deangan syarat yg telah ditentukan.
Berikut adalah bentuk dari dungsi IF -Else :

 if (kondisi){
   statement1
 }
 else{
   statement2
 }


Bagian-bagian dari fungsi IF -Else :

IF -Tunggal
IF -Tunggal adalah sebuah perintah dimana bentuk dari pemakaian IF -nya tidak memiliki kondisi pengecualian (else).
Bentuk fungsi IF -Tunggal adalah :

  if (kondisi)
   {
     statement
   }

IF -Jamak
Pada IF -Jamak eksekusi akan dilakukan mulai dari IF. Jika IF tersebut bernilai true atau benar, maka program akan mengikuti statement dari IF tersebut. Tetapi jika kondisi IF bernilai False atau salah, maka program akan mengeksekusi baris perintah pada else -if. Dan jika kedua kondisinya bernilai salah, maka eksekusi akan dilakukan ke kondisi berikutnya dengan konsep yg sama. Jika semua kondisi bernilai salah, maka kondisi yg akan dieksekusi adalh baris perintah else.
Berikut adalah bentuk fungsi dari IF -Jamak :

  if (kondisi)
    {
    //statement1
    //statement2
    }
  else if
    {
    //statement3
    //statement4
    }
  else
    {
    //statement5
    }


Nested -IF
Pada Nested -IF kondisi yg akan diseleksi pertama kali adalah kondisi yg paling luar (kondisi1). Jika kondisi bernilai tidak benar, maka statement setelah else yg terluar (pasangan dari if yg bersangkutan) yg akan di proses. Jika else tidak ditulis, maka penyeksian kondisi akan dihentikan. Jika kondisi ini benar, maka kondisi berikutnya yg lebih dalam (kondisi2) akan diseleksi. Jika kondisi2 yg diseleksi bernilai tidak benar, makan statemn setelah else pasangan dari if kondisi2 yg akan di proses. Jika else untuk kondisi2 ini tidak ditulis, maka penyeleksian akan dilakukan sampai dengan kondisi ke-n, jika kondisi-kondisi sebelumnya bernilai benar.
Berikut adalah bentuk fungsi dari Nested -IF :

if (kondisi1)
 {
  if(kondisi2){
   //statement
   }
 }
else{
  //statement
 }

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian IF ELSE Pada Bahasa JAVA ini dipublish oleh ENDs pada hari Friday 14 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian IF ELSE Pada Bahasa JAVA
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/