Pengertian Switch -Case JAVA

Switch -Case merupakan sebuah pernyataan atau statement yg dirancang khusus untuk menangani pengamblin keputusan yg melibatkan banyak alternatif pilihan. Pernyataan switch lebih jarang digunakan dibandingkan dengan pernyataan if-else. Tetapi lebih sering digunakan ketika kita ingin menuliskan percabangan ataupun pengambilan keputusan dengan sangat banyak pilihan. Pernyataan switdh memiliki kegunaan yang sama seperti if -else bertingkat.

Kontruksi if else yg bertingkat-tingkat sering kali membingungkan pembacaan alur program. Java menyediakan intruksi khusus, switch untuk memudahlan pembacaan alur program bercabang yg sangat banyak. Walaupun switch didesain khusus untuk menggantikan if -else, akan tetapi switch memiliki batasan :

1. Data yg diperiksa haruslah bertipe integer (int) atau karakter (char).
2. Range data yg diperiksa bernilai 0 s/d 255

Bentuk penulisan perintah Switch -Case :

Switch (value)
{
   case konstanta1 :
         //statement1
    break;
    case konstanta2 :
        //statement2
    break;
    ....
    ....
    ....
    case konstanta-n :
       //statement -n
    break;
    default:
      //statement x;
}

keterangan :
-. konstanta adalah yg dicocokan dengan value.
-. statement adalah pernyataan yg akan dikerjakan jika value cocok dengan salah satu data dari konstanta 1, 2, arau lainnya.
-. break adalah perintah unttuk mengakhiri statement. Apabila tidak ada break, komputer akan mengeksekusi instruksi yg berada dibawahnya walaupun berada di case yg berbeda.
-. dafault bersifat opsional, dieksekusi jika value tidak ada yg cocok dengan salah satu konstanta yg ada, fungsinya sama dengan else.

Penulis : ENDs ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian Switch -Case JAVA ini dipublish oleh ENDs pada hari Saturday 15 November 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian Switch -Case JAVA
 

0 comments:

Post a Comment

https://www.instagram.com/endskuulzyr027st.blogspot.com_/